Minggu, 14 Maret 2010

Penalaran Induktif

Penalaran yaitu suatu proses berfikir dimana didalam proses berfikir tersebut sangat bertolak berlakang dari pengamatan indera yang dapat menghasilkan suatu konsep dan pengertian. Didalam suatu penalaran dikenal juga menalar yaitu dimana terbentuknya suatu proposisi – proposisi atau semacam gagasan, ide yang sejenis berdasarkan jumlah proposisi yang dianggap benar, beberapa orang menyimpulkan bahwa sebuah proposisi atau gagasan yang baru sebelumnya tidak diketahui.

Metode induktif merupakan kebalikan dari metode deduktif yaitu suatu penalaran yang digunakan dalam berfikir suatu peristiwa khusus dengan bertolak dari hal – hal yang khusus ke umum. Didalam penalaran induktif sangat berkaitan erat dengan pengamatan inderawi atau disebut juga observasi. Untuk melakukan penelitian tidak harus memiliki konsep yang canggih tetapi cukup dengan mengamati dan dari pengamatan tersebut kita mendapatkan suatu kesimpulan yang berlaku umum.

Sebagai contoh : Masyarakat Indonesia umumnya dikarenakan adanya perubahan arti sebuah kesuksesan (khusus) dan kegiatan imitasi (khusus) dari media-media hiburan yang menampilkan gaya hidup konsumtif sebagai prestasi sosial dan penanda status social.

Bentuk-bentuk didalam Penalaran Induktif :
a. Generalisasi : Proses penalaran yang mengandalkan beberapa pernyataan yang mempunyai sifat tertentu untuk mendapatkan simpulan yang bersifat umum.

b. Analogi : membandingkan 2 hal yang berbeda dengan mencari kesamaan atau perumpamaan.
Contoh dari analog yaitu :
Susi adalah anak yang pintar oleh karena itu susi dapat lulus dengan nilai yang baik.

c. Kausal : Hubungan kausal : penalaran yang diperoleh dari suatu gejala yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Adapun macam – macam hubungan kausal :
1) Sebab- akibat.
Orang membuang sampah sembarangan di daerah itu mengakibatkan timbulnya banjir.

2) Akibat – Sebab.
Sisil sakit kali ini disebabkan dia kemarin hujan saat pulang sekolah.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran
http://sepitri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar