Sabtu, 03 Oktober 2009

Tingkatan Produk

Salah satu komponen dalam pemasaran yaitu Produk,Produk merupakan penentu bagi program pemasaran,misalnya dalam menentukan Harga,Merk dan program Promosi. Oleh karena itu pengertian dari produk tentu harus dpahami. Oleh karena itu pengertian produk menerut ilmuan bermacam - macam. Produk menurut Kotler dan Amstrong yaitu segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian,dibeli,dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan/kebutuhan konsumen. Sedangkan Produk menurut Stanto yaitu kumpulan dari atribut - atribut yang nyata maupun tidak nyata termasuk didalamnya kemasan.warna,harga kualitas dan merk ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya. Maka menurut saya Produk yaitu segala sesuatu yang meliputi kemasan,warna,harga,kwalitas dan merk yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mencapai perhatian dan dapat di pergunakan oleh konsumen sesuai dengan kebutuhan.
Adapun 5 tingkatan dalam produk. Menurut Kolter ada 5 tingkatan dalam produk yaitu core benefit,basic product,axpected produk,augmendted produk dan potential produk. Ada pula dalam produk disebut klasifikasi produk,menurut Koller produk dapat di klasifikasi menjadi beberapa kelompok yaitu berdasarkan wujudnya ( meliputi barang dan jasa ). Berdasarkan Aspek Daya Tahan Produk (meliputi barang tidak tahan lama dan barang tahan lama) dan sedangkan berdasarkan tujuan konsumen (meliputi barang konsumsi,barang industri). Berbicara mengenai produk,ada aspek yang perlu diperhatikan yaitu kualitas produk,Menurut American Society For Quality Control kualitas yaitu keseluruhan ciri - ciri karakter dari sebuah produk - produk jasa yang menunjukan kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang tersirat.
Sedangkan menurut Kotler dan Amstrong kualitas produk yaitu kemampuan sebuah produk dalam memperagakan fungsinya hal itu termasuk keseluruhan durabilitas,ketepatan,kemudahan pengoperasian dan reparasi produk juga atribut produk lainny. Maka menurut saya kualitas produk yaitu keseluruhan ciri dan kemampuan sebuah produk atau jasa dalam menunjukan kemampuan dalam memuaskan kebutuhan.
Oleh karena itu,suatu perusahaan berusaha memfokuskan pada kualitas suatu produk yang dapat dibandingkan dengan produk dari perusahaan pesaing. Akan tetapi, suatu produk dengan penampilan terbaik, bukan berarti merupakan produk dengan kualitas yang terbaik jika penampilan tidak diinginkan oleh pasar atau konsumen.

referensi :
jurnal-sdm.blogspot.com/.../produk-definisi-klasifikasi_30.html
labels : manajemen pemasaran


Dwi Marleni Pratiwi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar