Senin, 28 Desember 2009

Riset Pemasaran

Perilaku Konsumen

MENGENAL RISET PEMASARAN

Tahukah kamu apa itu Riset Pemasaran ??

Menurut beberapa ahli mendefinisikan bahwa Riset Pemasaran yaitu :

Menurut WY. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Menurut H. Nystrom pemasaran adalah suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.

Menurut Philip dan Duncan pemasaran adalah sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.

Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Jadi dapat disimpulkan beberapa ahli mengemukakan bahwa riset pemasaran adalah suatu system yang meliputi seluruh system yang berhubungan dengan tujuan perencanaan & dapat menentukan harga hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat disalurkan dari produsen ke konsumen.

Konsep yang berkaitan dengan riset pemasaran :
• Berorientasi pada konsumen.
• Mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, tidak semata-mata untuk meningkatkan volume penjualan
• Mengintegrasikan dan mengkoordinasi pemasaran dengan fungsi perusahaan.

Adapun beberapa peran dalam Riset pemasaran, diantaranya ialah :
• Merupakan cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan (baru) yang laku jual.
• Merupakan sarana manajemen yang efektif dan efisien.
• Merupakan sarana yang baik secara metodologi dan statistik.
• Merupakan proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasil yang tidak bias/valid.
• Merupakan sarana mendekatkan perusahaan dengan konsumen atau promosi secara halus.
• Dapat menunjukkan cara-cara dalam menembus hambatan-hambatan dalam proses penjualan produk/jasa.


Untuk mendapatkan proyek riset secara efektif diperlukan antisipasi terhadap seluruh langkah proses riset. Adapun 9 langkah – langkah dalam proses Riset Pemasaran yaitu :
1. Menetapkan kebutuhan akan informasi
2. Menentukan sasaran riset dan kebutuhan akan informasi
3. Menentukan sumber data
4. Mengembangkan bentuk pengumpulan data
5. Merancang sample
6. Mengumpulkan data
7. Mengolah data
8. Menganalisis data
9. Menyajikan hasil riset

Adapun beberapa yang masuk ke dalam 3 jenis desain riset, yaitu :
1. Eksploratori à tujuan utama riset adalah untuk memperoleh pandangan yang mendalam dan menyeluruh mengenai masalah yang sebenarnya dihadapi perusahaan. Jadi informasi yang dicari sekedar untuk mengetahui permasalahan dasar.
2. Deskriptif à tujuan utama riset adalah untuk menggambarkan sesuatu
3. Kausal à tujuan utama riset adalah untuk membuktikan hubungan sebab akibat atau hubungan mempengaruhi dan dipengaruhi dari variabel-variabel yang diteliti


Referensi :
http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli-ilmu-manajemen-pemasaran-marketing-dasar
http://www.contohskripsitesis.com/backup/Panduan/Riset%20Pemasaran%20dgn%20SPSS.doc
http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/manajemen-pemasaran/riset-pemasaran
http://www.midas-solusi.com/knowledge-space,en,detail,39,tahap-tahap-melakukan-riset-pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar